Like dulu disini Gans!

Dalam memilih RAM (Random Access Memory) yang sesuai yang pas atau cocok dengan komputer, bukan hanya kapasitas saja yang di lihat, tetapi banyak hal. Seperti kecepatan frekuensi memory dalam membaca data, kompabilitas dengan Mainboard dan komponen lain, merk dan lain-lain. Jangan sampai salah pilih jika tidak uang kamu akan terbuang percuma, karena RAM yang di beli tidak bisa digunakan karena tidak cocok dengan komputer kamu.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, sebelum kamu mengganti dan membeli RAM komputer yang baru, terlebih dahulu kamu harus tahu apakah RAM tersebut cocok dpasangkan di PC kamu. Kamu harus tahu apakah RAM di komputer kamu itu termasuk DDR, DDR2 atau DDR3. Hal ini sangat penting sekali karena jika salah maka RAM yang sudah di beli tidak akan cocok dipasang di komputer.

Tips Memilih RAM yang Cocok dengan Komputermu


Tips Cara Memilih Ram Yang Sesuai Dengan Komputer
Tips Memilih Ram Komputer

1. Jenis tipe RAM


Kamu harus mengetahui jenis RAM yang digunakan dan jenis Mobonya. Jadi kamu harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu [kamu bisa menggunakan software untuk mengeceknya]. Jika tipe RAM komputer kamu termasuk DDR2 maka belilah yang DDR2 juga. Jika Mobo komoputer kamu termasuk yang seri PC2-5300 maka belilah RAM yang itu juga, jadi belinya yang RAM 1GB DDR2 PC2-5300. Kamu bisa lihat gambarannya berkut ini:

Jenis tipe RAM

Jika kamu membeli dua buah RAM pastikan sejenis, walau merk berbeda setidaknya spesifikasinya harus sama. Contoh, RAM PC12800, kamu juga harus membeli RAM yang satunya dengan seri PC12800 juga. Untuk serinya itu harus sama, kalau tidak bisa berbahaya.

2. Mobo/Motherboard yang digunakan


Motherboard DDR2 kemudian kamu beli RAM DDR3..mana bisa??.  tidak cocok tentunya. Selain socketnya kamu juga harus melihat, apakah motherboard mampu dipasang seri RAM yang akan kamu beli. Pada spesifikasi motherboard terdapat kemampuannya menerima motherboard. Misal, Max Dual Channel 8 GB kecepatan 1333 Mhz. Jika kamu memasang RAM 16 Gb kecepatan 1866 Mhz, maka motherboard tidak bisa atau tidak akan sanggup.

Tidak semua Mainboard support dengan kecepatan frekuensi pada Memory (RAM). Kamu harus melihat dulu min dan max kemampuan Motherboard menerima kecepatan frekuensi memory. Jika tidak, bisa Bottleneck. Bottleneck ini bisa menyebabkan komputer hank bahkan tidak bisa hidup. Contoh : Kemampuan maksimum motherboard menerima kapasitas memory 8 Gb dual channel dengan kecepatan maksimum 1333 Mhz. Kemudian kamu memasang RAM 2 x 8 Gb dengan kecepatan 2400 Mhz OC. Gimana tuh…?

3. Processor


Selain mobo, Processor juga harus sesuai dan mampu untuk menerima kecepatan frekuensi memory. Jadi harus hati-hati. Jadi lihat kemampuan atau spesifikasi processor. Biasanya terdapat keterangan mengenai kemampuan maksimal processor menerima kapasitas dan kecepatan RAM.

4. Ketahui slot RAM komputer


Sebelum membeli RAM yang baru dengan kapasitas yang lebh besar, kamu harus mengetahui slot RAM yang ada di Mobo/motherboard komputer kamu, apakah ada 1 slot atau 2 slot karena keduanya bisa digunakan agar performa komputer lebih cepat dan ringan. Jika ingin menggunakan RAM kapasitas 2 GB atau 4 GB dan slot RAM pada mobo kamu ada 2 atau dual channel, saya sarankan menggunakan 2 keping. Jika 2 GB beli yang 1 GB dan 1 GB, jika 4 GB beli yang 2 GB 2 GB. Kenapa saya menyarankan seperti itu? Agar performa komputer berjalan lebih baik dan seimbang.

Yang paling penting dan tidak bisa di ganggu gugat, RAM harus memiliki socket yang sama. RAM DDR2 harus dipasangkan dengan DDR2 juga, dan jika RAM DDR3 maka pasangannya harus DDR3.

5. Perhatikan frekuensi RAM sebelumnya


Jika kamu ingin menambah RAM, misal di PC kamu sudah ada 2 GB ingin tambah 1 GB atau 2GB perhatikan Frekuensi RAM sebelumnya. Jika RAM sebelumnya PC6400 atau 800 Mhz maka carilah frekuensi RAM yang baru setara dengan yang lama yaitu PC6400, karena jika RAM yang baru hanya PC5300 atau 666 Mhz maka RAM yang baru akan mengikuti RAM yang lama menjadi 666 Mhz, tentunya rugi besar dong.

Lihat juga timingnya. Semakin rapat timingnya maka semakin kencang larinya. Contoh timing PC6400 ada yang 5-5-5-15 dan 6-6-6-18. Kamu pasti tahu kan harus memilih yang mana?, jelas pilih yang 6-6-6-18. Untuk melihat timing dan segalanya kamu bisa cek lewat software CPU-z. Merk RAM berbeda tidak masalah yang penting spesifikasi sama.

Please Wait

Dalam Seconds



Anda akan dialihkan ke
https://www.spezer.net/2018/01/cara-memilih-ram-yang-cocok-dengan-komputer-laptop.html



6. Perhatikan OS komputer


Jika kamu ingin menambah jumlah RAM misalnya dari 4 giga menjadi 8 giga maka perhatikan OS yang kamu pakai. Jika menggunakan misalnya OS windows 7 ultimate 32 bit, mau bagaimanapun RAM yang terdeteksi cuma 4 giga, dan sisanya 4 giga tidak terbaca, jadi mending ganti OS yang 64 bit.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara memilih dan membeli RAM komputer yang cocok dan untuk PC. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips Cara Memilih Ram Yang Cocok Dengan Komputer"