Like dulu disini Gans!

CPU merupakan serangkaian hardware yang selalu beroperasi dan menghasilkan panas yang berlebihan, maka di butuhkan beberapa kipas yang di tempatkan secara benar agar tidak terjadi overheating. 

Kondisi tersebut tentunya akan berimbas pada perawatan komputer terutama komponen-komponen yg ada didalam CPU itu sendiri. Salah satunya adalah penambahan fan didalam casing untuk mengatur sirkulasi udaranya sehingga suhu didalam casing bisa terjaga.

Pemasangan fan di casing komputer itu jangan asal pasang, sekilas sepele, tapi itu ada ilmunya. Kenapa? Karena kalau asal pasang, bukannya suhu terjaga malah sebaliknya, sirkulasi udara di casing malah tambah kacau yang pada akhirnya suhu akan tambah panas.


Cara Pasang Fan (Kipas) Casing Komputer Dengan Benar
Fan (Kipas) Casing Komputer 


Tampak muka atau tampak depan


Bagian muka ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cembung dan biasanya fan casing itu terdapat 7-8 bilah. Berikut ini gambar bagian muka.

Fan Kipas Tampak muka atau tampak depan

Lihat tanda panah merah diatas, bilah terlihat tampak cembung kan?, dari contoh gambar diatas itu berarti fan sedang dalam posisi tampak muka atau tampak depan.

Tampak belakang


Bagian belakang ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cekung dan ada satu ciri  lagi yaitu terlihat tampak rangka kipasnya, biasanya ada 4 rangka.

Fan Kipas Tampak muka atau tampak belakang


Pada gambar diatas, disitu ada terlihat rangka dan bilah yang tampak cekung, itu berarti fan sedang dalam posisi tampak belakang.

Cara Pemasangan Fan Pada Casing


Dalam aturan pemasangan fan di casing PC ada istilah intake dan exhaust. Yang dimaksud Intake disini adalah memberi semburan angin ke dalam casing. Sedangkan exhaust adalah kebalikannya yaitu membuang angin dari dalam casing ke luar casing. Jadi cara kerjanya seperti ini; kipas mengambil udara dari luar casing kemudian disemburkan ke dalam casing untuk mendinginkan. (Intake) , pastinya terdapat hawa uap panas yg keluar entah dari processor atau komponen lainnya,  kemudian kipas yang lain untuk membuang angin atau hawa panas itu ke luar casing (exhaust) .

Mungkin kamu bertanya-tanya, kipas untuk intake dan exhaust apakah beda jenis? jawabannya sama!, Intake dan exhaust ini hanya istilah posisi fan-nya aja. Ini sepele tapi penting. Makanya dipostingan ini bagian awal saya jelaskan dulu desain dari fan itu sendiri, disitu ada istilah tampak muka dan tampak belakang, silakan cermati lagi.

Pemasangan Intake dan exhaust ini tidak boleh sembarangan, kita tahu bahwa hawa panas itu selalu bergerak ke arah atas, jadi pemasangan fan exhaust yang paling bagus adalah di bagian atas casing, bisa di atap casing atau bisa di bagian belakang atas casing. Sedangkan intake yg fungsingya menyuplai udara dingin dari luar casing paling bagus dipasang dibagian depan bawah casing atau bisa juga di samping casing.

Fan Pada Casing



Please Wait

Dalam Seconds



Anda akan dialihkan ke
https://www.spezer.net/2018/02/cara-pasang-fan-kipas-casing-pc-komputer-yang-benar.html




Agar sirkulasi dalam casing baik, gunakan prinsip keseimbangan antara intake dan exhaust. Jadi jika intakenya menggunakan dua kipas, maka exhaustnya juga dua kipas. Begitu juga kalau pake satu kipas intake, otomatis exhaustnya juga harus satu kipas.


Fan Pada Casing
Dari gambar sudah jelas kan tampak muka/depan kipas harus menghadap kemana dan tampak belakang kipas harus menghadap kemana. Untuk intake samping dan exhaust atap, prinsipsnya sama saja, jadi kalau intake itu tampak mukanya menghadap keluar casing, sebaliknya exhaust itu tampak mukanya menghadap ke dalam casing.

Demikian info mengenai cara pasang Fan/Kipas Casing pada komputer, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Pasang Fan (Kipas) Casing Komputer Dengan Benar"